PENGURUS BARU ORMAWA FAKULTAS HUKUM UNISSULA AKHIRNYA RESMI DILANTIK

Semarang, lpmsuprema.com –  Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Sema FH Unissula) hari ini Rabu, (25/8/2021) menggelar acara Pelantikan Organisasi Mahasiswa (Ormawa)di lingkungan Fakultas Hukum. Acara Pelantikan Pengurus Ormawa yang dilaksanakan secara hybrid ini bertempat di Aula 1A dan 1B Fakultas Hukum serta melalui sambungan Internet via Zoom Meeting.

Turut hadir Dr. Hj. Widayati, S.H., M.H selaku Wakil Dekan 1 dan Dr. Arpangi, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan 2 secara langsung, sedangkan Prof. Dr. H. Gunarto, S.H., S.E. Akt., M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Unissula  hadir menggunakan zoom. Tak ketinggalan sembilan ketua beserta perwakilan Ormawa FH Unissula pun hadir dengan protokol kesehatan ketat.

“Mengukuhkan Solidaritas Satukan Gerakan ,Wujudkan Ormawa Fakultas Hukum yang Unggul dan Berprestasi” menjadi tema acara pada pagi hari tadi. Tema yang diangkat tentu selaras dengan harapan berbagai pihak untuk membentuk organisasi mahasiswa yang unggul dan berpretasi, sehingga tujuan organisasi sebagai wadah ide kreatif mahasiswa dapat diwujudkan dengan baik untuk ke depannya.

doc.suprema

Acara Pelantikan Ormawa berlangsung khidmat. Kesembilan ormawa yang pada hari ini dilantik yaitu  2 Lembaga Otonom, Badan Eksekutif Mahasiswa dan Senat Mahasiswa, serta 7 Lembaga Semi-Otonom seperti Suara Pers Mahasiswa (Suprema), Forum Olahraga Mahasiswa Hukum (Formakum), Lembaga Dakwah Fakultas (LDF), Symphony Voice, Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Hukum, Kegiatan Studi Mahasiswa (KSM), serta Lembaga Debat, Peradilan Semu, dan Riset (DPR FH).

Hajir Alamsyah selaku ketua panitia dalam sambutannya mengatakan, “Setiap orang adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya (hadist riwayat Bukhori), harapan kita semua setelah ditempa di sini kita berharap bisa melakukan semua amanat yang diberikan dengan sebaik-baiknya dan menjadi pemimpin dan melahirkan pemimpin baru karena pertanggungjawabannya kepada Tuhan. Perubahan itu pasti, dan kita bisa merasakan perubahan itu.”

Sementara itu, di kesempatan yang lain Siti Aisyah Amini selaku Ketua SEMA-FH terpilih yang sekaligus memimpin acara pelantikan mengatakan, “Menjadi pemuda harus optimis jangan pesimis, mengedukasi serta mengayomi. Pemuda itu harus siap merespon setiap kejadian terutama di lingkungan kita sendiri, harus aktif dalam memberikan kontribusi dan membuat gerakan yg dilakukan oleh pemuda, sekecil apapun dampak kita, tentu akan membuahkan hasil yang besar.”

Dekan Fakultas Hukum Unissula yang juga turut hadir dalam acara berpesan kepada para pengurus baru Ormawa di lingkungan Fakultas Hukum agar terus memajukan organisasi dan terus mencetak prestasi yang membanggakan. “Hukum itu mengatur semua kehidupan manusia, tidak berdampak pada kertas, namun hukum itu harus berdampak, ditegakkan, dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Saya berharap ini menjadi momentum awal lahirnya pemimpin baru, semoga mahasiswa hukum selalu memberikan kontribusi kepemimpinan, kontribusi kebaikan-kebaikan, dan menciptakan perubahan. Mahasiswa hukum adalah mahasiswa yang paling memungkinkan berbuat kebajikan yang berdampak dan berakibat luas bagi kepentingan umat, bangsa dan alam semesta karena kehidupan alam semesta didasari perundang-undangan, Harapan saya semoga ada mahasiswa Fakultas Hukum yang magang di luar negeri maupun mengikuti study camp di beberapa Universitas Asia maupun mancanegara.”, tutur Dekan Fakultas Hukum Unissula Prof. Gunarto.

Pelantikan pengurus Ormawa yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut berjalan dengan lacar. Ibu Dr. Hj. Widayati, S.H., M.H. yang bertugas melantik sembilan pengurus organisasi mahasiswa menuntun para ketua baru ormawa mengucapkan janjinya. Seluruh peserta pelantikan yang hadir mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan pembatasan peserta. Acara yang digelar dengan konsep hybrid seperti ini memang menjadi salah satu alternatif yang baik di tengah pandemi Covid-19. Perlu diketahu, bahwasanya sejak Indonesia diterpa Pandemi Covid-19, hampir seluruh kegiatan Perguruan Tinggi khususnya kegiatan kemahasiswaan memang dilaksanakan dengan konsep hybrid, dimana panitia dan pihak terkait datang secara langsung di tempat, sedangkan peserta secara menyeluruh mengikutinya melalui sambungan virtual via Zoom Meeting.

Harapan dengan terselenggaranya kegiatan Pelantikan Pengurus Ormawa Fakultas Hukum Unissula Semarang,  mampu mencetak wajah-wajah pemimpin baru yang bijak dan bertanggung jawab akan tugasnya. Selain bertugas memimpin jalannya organisasi, para ketua ormawa yang baru juga diharapkan mampu membangun sistem yang baik di dalam organisasinya sehingga organisasi bukan hanya sekadar wadah bagi mahasiswa, namun juga menjadi tempat mahasiswa mengembangkan softskills dan meningkatkan kemampuan manajerialnya.

Kesembilan organisasi mahasiswa yang pada hari ini dilantik diharapkan dapat bersinergi untuk terus membangun komunikasi demi kemajuan bersama almamater. Selain itu, besar pula harapan banyak pihak agar organisasi mahasiswa yang ada di Fakultas Hukum Unissula terus meningkatkan kapasitas kompetensi anggotanya di masing-masing bidang yang digeluti, sehingga bukan hanya mendapatkan ilmu namun juga mampu disalurkan melalui perlombaan atau kompetisi, serta diamalkan demi kemajuan masyarakat. Hal ini berdasar kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengamanatkan 3 poin penting yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian Kepada Masyarakat. Tentu akan sangat baik bila mahasiswa melalui organisasi kemahasiswaan mampu melaksanakan ketiga poin penting dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, sehingga tujuan mereka berkuliah dan menjadi mahasiswa dapat berjalan optimal dan membuahkan hasil yang maksimal bagi diri sendiri, orang tua, almamater, dan masyarakat luas.

 

Penulis : Ibnu Khafidz Arrozaq

Reporter: Akbar Maulana & Deva Aperta

Ikuti Kami di Media Sosial: