Pemilihan Duta Unissula 2020

SEMARANG, lpmsuprema.com – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) menggelar pemilihan Duta Unissula 2020 yang berlangsung di Gedung Kuliah Bersama (GKB) Lt.10 Unissula Semarang pada Rabu, (30/12/2020), secara luring.

Dipenghujung tahun 2020, Universitas Islam Sultan Agung Semarang kembali memilih Putra dan Putri terbaik Unissula melalui kegiatan Pemilihan Duta Unissula. Pemilihan Duta Unissula yang mengusung tema “Explorasi Mahasiswa Yang Cerdas, Bertalenta dan Mengispirasi Berdasarkan Nilai-Nilai Islami Untuk Menghadapi Era Revolusi 4.0” berlangsung secara khidmat dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Pemilihan Duta Unissula ini merupakan rangkaiaan kegiatan tahunan yang pertama kali dilaksakan pada tahun 2018, namun sempat vacum di tahun berikutnya yaitu 2019. Pemilihan Duta Unissula akhirnya bisa terlaksana kembali di tahun 2020 meskipun harus menyesuaikan kegiatan dengan kondisi di tengah pandemi. Tujuan diadakannya kegiatan yaitu memilih Putra dan Putri Unissula yang diharapkan mampu memimpin dan memberikan contoh serta membawa Unissula menjadi lebih baik lagi, baik dalam lingkup internal maupun eksternal kampus.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PT Unissula selaku penyelenggara kegiatan menyatakan, dengan diadakannya Pemilihan Duta Unissula kembali, diharapkan bisa meneruskan tongkat estafet  dan regenerasi dari Duta Unissula itu sendiri.

“Tujuan dari kegiatan ini selain untuk regenerasi juga untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan itu sendiri, karena mau tidak mau Duta Unissula tahun 2018 sudah purna. Di periode sekarang, agenda kegiatan pemilihan ini diadakan kembali agar melahirkan sosok pemimpin baru dan sosok representasi Unissula itu sendiri dan juga bagaimana agenda ini menjadi agenda simultan yaitu bisa dilaksananakan setiap tahun” ujar Ardian Syahputra selaku Presiden BEM PT Unissula.

Sejak dibuka pendaftaran Duta Unissula pada tanggal 6-13 Desember 2020, tercatat ada 40 pendaftar yang berasal dari semua Fakultas yang ada di Unissula. Ada beberapa tahapan yang harus ditempuh oleh para finalis yaitu tahap pendaftaran, tes tertulis, dan tes wawancara sebagai tahapan seleksi sebelum akhirnya dipilih 10 besar sebagai grand finalis yang berhak mengikuti acara puncak yaitu Grand Final Pemilihan Duta Unissula.

Grand filanalis yang berhasil maju ke 10 besar terdiri dari 5 Putra dan 5 Putri Unissula terbaik yaitu Kevin Ahla Seiga (Fakultas Ekonomi), Julian Rizki Adhitya (Fakultas Agama Islam), Bagus Hidayaturrahman A (Fakultas Kedokteran), Muhammad Dicky R (Fakultas Teknik), Feri Prasetiyo (Fakultas Ekonomi), Avida Muanisatul C (Fakultas Kedokteran), Shamia Elza (Fakultas Psikologi), Azzahra Obellia P S (Fakultas keguruan & Ilmu Pendidikan), Siti Aisyah Amini (Fakultas Hukum), dan Tri Utami (Fakultas Bahasa & Ilmu Komunikasi). Selanjutnya, para grand finalis ini harus dikarantina selama 2 hari sebagai salah satu tahapan sebelum pelaksanaan Grand Final Duta Unissula. Ketua pelaksana Pemilihan Duta Unissula Muhammad Sa’idul Barri mengatakan bahwa “Masa karantina sendiri merupakan bekal bagi para finalis 10 besar yang telah terbentuk menjadi satu tim Duta dan di dalam karantina itu sendiri mereka diberikan bekal bagaimana menjadi Duta yang nantinya untuk mempromosikan Unissula”.

Acara puncak grand final Pemilihan Duta Unissula, dilaksanakan dengan konsep yang sangat menarik dengan peserta yang terbatas hanya tamu undangan, grand finalis dan panitia serta pengisi acara saja. Dalam acara tersebut dihadiri Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Unissula, Muhammad Qomaruddin ST., M.Sc., PhD, drg. Andina Rizkia Putri Kusuma. SpKG selaku kepala LPKA Unissula serta turut hadir Dudi Rusdi S.E., M.Si., Akt., CA selaku kepala UPT Pemasaran dan Humas Unissula. Terlihat pula, Duta Putra Putri Unissula 2018 dan Duta Jawa Tengah pun ikut hadir untuk memnyaksikan dan memberikan support bagi para finalis yang akan menjadi penerus mereka.

Doc: BEM PT Unissula

Akhirnya, dalam ajang Pemilihan Duta Unissula terpilihlah Duta Unissula 2020 yaitu Kevin Ahla Seiga sebagai Duta Putra Unissula, Avida Muanisatul Chabibah sebagai Duta Purti Unissula dan M. Dicky Ramadhan sebagai  Duta Favorit Unissula.

“Motivasi saya seperti tujuan hidup saya yaitu khoirunnas anfa’uhum linnas sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain jadi saya juga mau memberikan manfaat bagi orang lain, ini bukan semata-mata selempang dan bukan hanya gelar, namun saya ingin nanti bermanfaat bagi orang lain” kata Avida Muanisatul Duta Putri Unissula terpilih, ketika di tanya mengenai motivasi mengikuti ajang Duta Unissula.

Doc: BEM PT Unissula

Melalui Duta Unissula diharapkan mampu menjadi representasi mahasiswa Unissula yang memiliki karakter cerdas, berakhlak baik, berwawasan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama di era revolusi 4.0 seperti tema yang diusung kali ini. Salah satu harapan muncul dari ketua LPKA Unissula drg. Andina Rizkia Putri Kusuma.SpKG yang menginginkan dengan dipilihnya Duta Unissula bisa menjadi paket lengkap perwakilan dari mahasiswa Unissula yang beratitude baik, berwawasan dan bisa mensyiarkan Unissula kepada masyarakat luas.

Banyak sekali harapan yang muncul kepada para Duta Unissula, bukan hanya sekedar wakil terbaik dari seluruh Mahasiswa Unissula atau bahkan yang memiliki paras yang tampan dan juga cantik namun diharapkan mampu membawa nama baik Unissula, baik dalam lingkup kampus maupun luar kampus dengan intelektual dan wawasan mereka.

 

Penulis: Tuti W

Reporter: Dwi Septiana & Ryka Yuliana

Ikuti Kami di Media Sosial: