PEKAN TA’ARUF UNISSULA 2021 RESMI DIMULAI

Semarang, lpmsuprema.com– Event akbar penyambutan mahasiswa dan mahasiswi baru Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Pekan Ta’aruf atau PEKTA 2021 resmi dimulai pada 1 September 2021. Pekan Ta’aruf kali ini mengangkat tema “Membentuk Sultan Agung Muda yang Berintegritas, Berkarakter, Berjiwa Sosial Tinggi yang Berlandaskan Spirit Islam Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045”. Acara yang akan dihelat selama 4 hari, yaitu mulai 1 September hingga 4 September 2021 ini dilaksanakan secara Online. Kendati pelaksanaan masa orientasi dan pengenalan mahasiswa terhadap kehidupan kampus dilaksanakan secara Online, namun rangkaian acara yang disuguhkan oleh panitia tetap meriah dan menarik untuk diikuti.

Mahasiswa baru angkatan 2021 mengikuti rangkaian acara Pekan Ta’aruf melalui sambungan video Zoom Meeting. Pada tahun ini sendiri Pekan Ta’aruf Unissula diikuti oleh lebih dari 2.700 mahasiswa baru dari seluruh Indonesia. Berbeda dengan tahun lalu yang dilaksanakan dalam 2 gelombang, rencananya Pekan Ta’aruf kali ini hanya akan dilaksanakan 1 gelombang saja. Kendati demikian, opsi lain untuk mahasiswa baru yang saat ini masih dalam proses registrasi dan pendaftaran akan segera disiapkan oleh penyelenggara Pekan Ta’aruf. Mahasiswa baru yang mengikuti rangkaian acara dalam Pekan Ta’aruf sendiri tergabung dalam beberapa kelompok kecil yang dipimpin oleh seorang wali jama’ah dan dipisah dalam 3 room Zoom Meeting. Pemisahan ruang Zoom ini bertujuan agar peserta lebih mudah untuk berinteraksi dengan pembicara, panitia, maupun dengan peserta lainnya.

doc.Suprema

Acara Pekan Ta’aruf yang mulai dilaksanakan pagi 1 September 2021 dibuka secara simbolis oleh Wakil Rektor 1 Dr. H. Umar Ma’ruf, S.H., Sp.N., M.Hum. Pembukaan Pekan Ta’aruf Unissula 2021 ini juga menandai dimulainya semua kegiatan dalam Masa Orientasi Mahasiswa itu. Acara yang akan berlangsung selama 4 hari mulai 1 hingga 4 September 2021 ini akan dimeriahkan dengan berbagai acara. Dilansir dari akun sosial media Unissula, akan ada beberapa acara yang digelar dalam Pekan Ta’aruf, salah satunya ialah Talk Show yang akan dihadiri oleh para pembicara dari beberapa bidang.

Ditemui saat acara berlangsung, Ketua Panitia Pekan Ta’aruf Unissula 2021 Fabian Alif menuturkan bahwa Pekan Ta’aruf 2021 dilaksanakan sama halnya dengan Pekan Ta’aruf tahun lalu, yakni sebagai ajang untuk mengenalkan kampus dan segala isinya serta hal-hal prosedural lainnya kepada mahasiswa baru angkatan 2021. Bukan hanya itu, dalam acara Pekan Ta’aruf juga akan diajarkan banyak hal tentang bagaimana menjadi mahasiswa Unissula sesuai regulasi yang dikeluarkan institusi.

doc.Suprema

Dalam kesempatan yang sama pula, Fabian Alif selaku Ketua Panitia memaparkan sejumlah kendala yang ditemui selama persiapan acara dilakukan. Menurutnya, persiapan acara yang amat singkat membuat banyak hal sulit untuk dicapai. Kekosongan kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi (BEM-PT) menjadi alasan telatnya Pekan Ta’aruf dipersiapkan. Kondisi politik mahasiswa yang sedang dalam kekosongan membuat LPKA selaku lembaga yang berwenang atas diselenggarakannya Pekan Ta’aruf juga mengalami kendala. LPKA ketika ditemui oleh perwakilan dari masing-masing BEM Fakultas di Unissula hanya menyiapkan sedikit panitia yang mustahil akan mampu mengakomodir acara sebesar Pekan Ta’aruf. Dengan melihat kondisi yang ada, BEM Fakultas di lingkungan Unissula menginisiasi untuk membentuk forum guna memilih ketua panitia Pekan Ta’aruf agar dapat terselenggara sebagaimana yang diharapkan. Selain itu, perbedaan lainnya dibandingkan Pekan Ta’aruf tahun lalu ialah dari sisi kepanitiaan. Jika tahun lalu diadakan Open Recruitment Panitia dan Wali Jama’ah, maka berbeda dengan tahun ini yang hanya Wali Jama’ah saja yang melalui proses recruitment, sedangkan Panitia ditunjuk langsung atas rekomendasi masing-masing Presiden BEM Fakultas.

Meskipun dalam persiapan Pekan Ta’aruf ditemui banyak kendala, namun perlu diapresiasi tanggung jawab dan kinerja para panitia dan semua pihak yang terlibat dalam terselenggaranya Pekan Ta’aruf tahun ini. Keberhasilan Pekan Ta’aruf merupakan hasil dari kerja keras semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Besar harapan semua pihak agar pelaksanaan Pekan Ta’aruf Unissula 2021 bukan hanya menjadi momen perkenalan saja, namun juga menjadi ajang mahasiswa baru untuk belajar banyak hal positif agar mereka dapat memotivasi diri mereka sendiri dari apa yang disampaikan pembicara. Selain itu, harapannya generasi muda Indonesia khususnya Sultan Agung Muda dapat menjadi mahasiswa yang berintegritas, berkarakter, dan berjiwa sosial tinggi guna memajukan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Kondisi Pandemi yang membuat banyak anak muda harus tetap di Rumah sudah seharusnya dapat diisi dengan kegiatan positif yang mampu meningkatkan kapasitas dan kompetensi generasi muda dan Sultan Agung Muda demi menyongsong impian besar Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju dan negara yang makmur di tahun 2045.

Pekan Ta’aruf yang setiap tahun dilaksanakan oleh BEM-PT bersama Universitas Islam Sultan Agung Semarang tentu menjadi pengalaman yang amat menarik bagi mahasiswa baru. Sebab dengan diadakannya PEKTA ini menjadi gerbang awal mereka mengenal kehidupan sebagai mahasiswa di Unissula. Hal yang sama juga turut disampaikan oleh peserta Pekan Ta’aruf dari Fakultas Kedokteran Prodi Kebidanan, Sulastri. Dalam sebuah wawancara yang dilakukan tim lapangan Suara Pers Mahasiswa, Sulastri menuturkan bahwa Pekan Ta’aruf ini menjadi pengalaman pertamanya, terlebih dilaksanakan secara Online. Dal wawancaranya, Sulastri menyebutkan bahwa pelaksanaan masa orientasi mahasiswa secara Online cukup menyulitkan. Kendala teknologi penunjang pembelajaran seperti laptop, handphone, dan jaringan internet menjadi penyebab sulitnya melaksanakan Ospek secara Online. Kendati demikian, dengan diadakannya Pekan Ta’aruf ini, Sulastri senang sebab bisa mengenal kehidupan kampus di Unissula, terlebih mengenai sistem Budaya Akademik Islam (BudaI). Mahasiswa baru dari Prodi Kebidanan tersebut juga berharap suatu saat dapat dipertemukan secara offline di kampus dengan teman-temannya, sebab menurutnya pelaksanaan Ospek secara Online membuat rasa kekeluargaan dengan sesama teman satu angkatan dirasa kurang.

Sebuah pesan datang dari Ketua Panitia Pekan Ta’aruf Unissula 2021 Fabian Alif. Dalam wawancaranya dengan SUPREMA, beliau berpesan agar mahasiswa baru khususnya dan mahasiswa secara keseluruhan pada umumnya agar tidak menjadi mahasiswa yang besar karena nama kampusnya, namun dapat menjadi mahasiswa yang besar karena usaha dan kerja kerasnya sehingga mampu membesarkan nama kampus. Selain itu, dirinya juga menuntut agar mahasiswa baru khususnya terus semangat dalam mengembangkan bakat dan minat guna meningkatkan kompetensi diri dan mengembangkan softskills, taat kepada Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta tidak menjadi mahasiswa yang mudah goyah.

Pekan Ta’aruf Universitas Islam Sultan Agung Semarang masih akan berlangsung 3 hari ke depan. Mahasiswa baru diharapkan dapat mengambil banyak pelajaran untuk mengarungi kehidupan barunya sebagai mahasiswa di Unissula, sehingga momen mereka menjadi mahasiswa selama berkuliah di Unissula akan bermakna dan mampu mencetak prestasi yang membanggakan.

Penulis: Ibnu Khafidz Arrozaq

Ikuti Kami di Media Sosial: