legalisir unissula

MAHALNYA TANDATANGAN DEKANKU

Semarang, SUPREMA – Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Semarang, Jawa Tengah yang terakreditasi A. Terdiri dari 11 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Hukum dimana semua program studinya sudah terakreditasi A. Fakultas Hukum selaku wadah Pendidikan bagi mahasiswa sudah semestinya memfasilitasi segala kebutuhan yang menunjang mahasiswa dalam menempuh Pendidikannya. Namun, dalam pelaksanaan penunjang Pendidikan tersebut justru dihadapi permasalahan yang dirasakan Mahasiswa Fakultas Hukum, seperti Mahalnya Biaya Legalisir.

Kenapa sih legalisir di Fakultas Hukum mahal? Coba kita bandingkan dengan fakultas-fakultas lain di UNISSULA; Fakultas Agama Islam menerapkan biaya untuk legalisir Rp 5.000/lembar, Fakultas Teknik Rp 1.000/lembar, Fakultas Ekonomi Rp 1.000/lembar dan Fakultas Teknologi Industri Rp 2.000/lembar. Sedangkan untuk Fakultas Hukum sendiri biaya Legalisir melejit hingga angka Rp 10.000/lembarnya. Hal ini sangat jauh berbeda dengan fakultas yang telah disebutkan sebelumnya. Apa sih sebenarnya yang menyebabkan biaya legalisir Fakultas Hukum mahal? Setelah kami menggali informasi ke beberapa sumber, jawaban yang ada hanya bersifat normatif  bahkan terkesan melemparkan ke berbagai pihak akan kebijakan ini.

legalisir

Ketika kami menggali informasi kepada pegawai Tata Usaha (TU) Fakultas Hukum, mereka tidak berani memberikan jawaban dan hanya melempar kepada atasan. Sehingga kami menanyakan hal ini kepada Wakil Dekan II  Dr. Arpangi., S.H, M.H., beliau menjelaskan bahwa kebijakan ini sudah ada sebelum beliau menjabat dan kebijakan atas mahalnya biaya saat ini sudah ada sejak tahun-tahun sebelumnya. Padahal terdapat surat edaran yang menyatakan bahwa “pemberitaan ini diberlakukan sejak tanggal 27 April 2017 berdasarkan Surat Edaran Nomor : 659/D3/SA-H/IV/2017”. Menurut keterangan beliau juga menyatakan bahwa sebagian uang Legalisir tersebut akan digunakan untuk pembenahan sarana dan prasarana fakultas. Setelah kita menggali informasi kepada sumber lain, ternyata beberapa tahun lalu biaya Legalisir tidak semahal sekarang.

surat edara legalisir
Doc. Novianti

Banyak alumni dan mahasiswa resah dengan biaya Legalisir yang tinggi serta membebani. Sehingga apabila hal ini terus dibiarkan kemungkinan besar akan terjadi kenaikan biaya pada tahun-tahun selanjutnya. Seharusnya, fakultas membuat kebijakan yang merakyat dan memperhatikan perekonomian sehingga mampu meringankan semua pihak. Telah kita sadari bahwasanya uang kuliah di Fakultas Hukum ini juga semakin meningkat. Dari hal tersebut, sudah terlihat jelas bahwa kebijakan yang dibuat tidak meringankan justru membebani para mahasiswa.

Reporter : Afifa, Rina, Novi, Hafizah

Editor : Redaksi

Ikuti Kami di Media Sosial: