FAKULTAIR FAKULTAS HUKUM UNISSULA 2021 SUKSES DISELENGGARAKAN

Semarang, lpmsuprema.com – Fakultair Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (FH Unissula) 2021 telah usai. Acara yang dibuka pada hari Senin, 6 September 2021 lalu ini dilaksanakan secara hybrid yaitu daring dan luring. Fakultair FH UNISSULA ini berjalan dengan lancer tanpa ada halangan dengan dihadiri oleh berbagai pembicara.

Sebanyak 225 peserta Fakultair Fakultas Hukum UNISSULA 2021 bergabung melalui sambungan Zoom Meeting dari kediamannya masing-masing, sedangkan Panitia acara selaku pelaksana bertempat di Ruang 1A dan 1B Gedung Fakultas Hukum UNISSULA. Pada tahun ini, Fakultair Fakultas Hukum mengangkat tema “Mencetak Insan Hukum yang Handal dan Berintegritas Berlandaskan Nilai-Nilai Humanitas dan Spiritualitas”. Secara konsep, Fakultair tahun ini masih sama seperti tahun lalu yang dilaksanakan secara Online.

Doc. Suprema
Doc. Suprema

Dekan Fakultas Hukum UNISSULA, Prof. Dr. H. Gunarto, S.H., S.E.,Akt., M.Hum. turut memberikan sambutan pada pembukaan Fakultair FH tahun ini. Pembukaan acara Fakultair FH UNISSULA juga turut dihadiri oleh para pimpinan fakultas. Dr. Hj. Widayati, S.H., M.H. (Wakil Dekan 1), Dr. Arpangi, S.H., M.H. (Wakil Dekan 2), serta Dr. Aryani Witasari, S.H., M.Hum. (Kepala Program Studi S1 Ilmu Hukum) hadir sebagai pembicara untuk memaparkan berbagai informasi terkait dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung.

Hari pertama diselenggarakannya Fakultair FH Unissula 2021 diisi dengan pemaparan materi mengenai serba-serbi Fakultas Hukum UNISSULA yang disampaikan Wakil Dekan 1 dan 2 serta Kepala Program Studi S1 Ilmu Hukum. Di hari pertama ini pula diselenggarakan kuliah umum yang diisi oleh Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Kuliah umum pada hari pertama pelaksanaan Fakultair Fakultas Hukum ini bertema “Mengembangkan Kompetensi Lulusan Pendidikan Hukum Berbasis Revolusi Industri 4.0”. Dengan diselenggarakannya kuliah umum ini, harapannya mahasiswa baru mampu menyerap ilmu yang diberikan sehingga dapat diimplementasikan dengan baik dan mampu menjadi lulusan pendidikan hukum yang berkompetensi tinggi.

Hari kedua sekaligus hari terakhir penyelenggaraan Fakultair Fakultas Hukum UNISSULA 2021 juga berlangsung dengan baik. Di hari kedua, terdapat serangkaian acata yang diikuti oleh mahasiswa baru, mulai dari kuliah umum, Inspiring Talk hingga inaugurasi. Kuliah umum di hari kedua dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof. Dr. Zaenuri, S.E., M.Si.,Akt. Kuliah umum tersebut mengangkat topik mengenai “Manajemen Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan Pemberian Hak Belajar Selama 3 Semester di Luar Program Studi”.

Pelaksanaan acara Fakultair Fakultas Hukum bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru terhadap kehidupan di Fakultas Hukum UNISSULA, termasuk mengenai kemahasiswaan dan proses administrasi di lingkungan Fakultas Hukum. Acara yang digelar sebagai penyambutan dan ramah-tamah terhadap mahasiswa baru tahun ini sukses digelar. Meskipun dilaksanakan secara Online dengan segala keterbatasan, namun kerja keras panitia dalam menyiapkan Fakultair tahun ini perlu diapresiasi.

Ditemui dalam sebuah wawancara dengan tim LPM SUPREMA, Ketua Panitia Fakultair Fakultas Hukum UNISSULA, Aqil Yusuf Hidayat menuturkan bahwa Fakultair FH tahun ini diikuti oleh 325 mahasiswa baru. Kendati pelaksanaan Fakultair sudah dilaksanakan, namun pendaftaran mahasiswa baru Fakultas Hukum UNISSULA masih dibuka. Ketua Panitia kali ini juga memberikan penjelasan mengenai tema Fakultair tahun ini.

“Fakultair FH Unissula memiliki tema Mencetak Insan Hukum yang Handal dan Berintegritas Berlandaskan Nilai-Nilai Humanitas dan Spiritualitas, jadi tema yang diangkat diharapkan dapat menjadikan Maba menjadi insan-insan yang Handal dan Berintegritas Berlandaskan Nilai-Nilai Humanitas dan Spiritualitas, dimana nilai humanitas tidak akan sempurna jika tidak didampingi nilai nilai spiritualitas. Pesan dan kesan untuk maba tetap semangat ikuti acara ini dengan baik, dengan kooperatif, petik ilmunya, implementasikan ilmunya, “ tutur Aqil selaku Ketua Panitia Fakultair FH UNISSULA.

Ditemui secara terpisah melalui sambungan virtual, mahasiswa baru Fakultas Hukum UNISSULA bernama Sabilla Putri memberikan pesan dan kesannya mengenai pelaksanaan Fakultair FH UNISSULA. Sabilla mengaku senang dengan diadakannya Fakultair, sebab dia bisa berkenalan dengan teman satu prodi serta bisa mengenal lingkungan fakultas meskipun hanya secara Online. Dia juga menjelaskan kendala yang dihadapinya selama mengikuti Fakultair secara Online,

“Mungkin ini kan kali pertama saya mengikuti acara fakultair secara daring,  pertamanya agak kebingungan dalam mempersiapkan perlengkapan dan zoom meeting nya tapi disisi lain itu juga bermanfaat sih bagi saya, saya bisa lebih mandiri dan saya juga bisa berlatih komunikasi dengan sesama mahasiswa ataupun kakak tingkat. Acara fakultair ini seru, asyik dan materi pembimbing yang diberikan sangatlah informatif, selain itu saya juga bisa mengetahui informasi lengkap dan fasilitas yang ada di universitas Islam Sultan agung Semarang walaupun belum pernah kuliah tatap muka secara langsung. Pesan saya untuk fakultair 2022 tambahkan sesi ice breaking agar mahasiswa baru juga tidak begitu penat dan tidak bosan,” tutur Sabilla Putri, Mahasiswa Baru Fakultas Hukum UNISSULA.

Fakultair FH UNISSULA 2021 telah rampung. Acara yang sejatinya digelar sebagai ajang perkenalan terhadap segala komponen dan kegiatan di lingkungan Fakultas Hukum UNISSULA harapannya dapat bermanfaat bagi mahasiswa baru. Dengan mengikuti Fakultair diharapkan mahasiswa baru mendapatkan ilmu yang dapat mereka implementasikan. Bukan hanya itu, besar harapan apabila Fakultair ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa baru dalam mengarungi kehidupan barunya sebagai mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Penulis : Ibnu Khafidz Arrozaq

Reporter : Akbar Maulana

Editor : Tuti Wijaya

Ikuti Kami di Media Sosial: