ANGGOTA MPR RI ABDUL KHOLIK ALUMNI S3 ILMU HUKUM UNISSULA “KEMBALI KE RUMAH”

Badan Pengkajian MPR menyelenggarakan Seminar dan Penjaringan Aspirasi Masyarakat yang diselenggarakan di ruang 1A-1B Fakultas Hukum UNISSULA pada Jumat (13/12). Acara seminar ini dibuka oleh Prof. Dr. H. Gunarto, SH, SE, A.kt., M.Hum selaku Dekan S1 Fakultas Hukum. Pembicara dalam acara ini ialah Dr. Abdul Kholik, SH., M.Si selaku Wakil Ketua Komite I DPD RI – ANGGOTA MPR RI, pemantik Dr. Hj. Widayati, SH.,M.H. selaku Wakil Dekan I Fakultas Hukum, dan dimoderatori oleh Dr. Hj. Sri Kusriyah, SH.,M.Hum selaku Sekretaris Prodi Magister Ilmu Hukum (S-2).

Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan tema “Penataan Kewenangan MPR RI”. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menjalin aspirasi masyarakat melalui perwakilan suara dari mahasiswa serta dosen dari berbagai fakultas. Serangkaian acara seminar ini merupakan inisiatif dari MPR sendiri karena ingin menjaring suara dari mahasiswa yang bertujuan menghimpun pemikiran atau pandangan terhadap sistem ketatanegaraan khususnya untuk menata kewenangan MPR. Seminar ini penting diadakan karena perlunya rekontruksi untuk mengkaji ulang terhadap amandemen UUD khususnya fungsi kedudukan MPR sebagai lembaga tertinggi Negara.

Abdul Kholik mengatakan sangat senang karena ketika seminar berlangsung peserta memberikan kontribusi secara aktif dan tanggap mengenai masalah system hukum ketatanegaraan di Indonesia. “Kegiatan ini diharapkan mendapat sumbangan pemikiran yang segar dan sebagian besar berkaitan penting untuk menata dan memfungsikan MPR, khususnya kewenangan MPR karena dirasa ada pergeseran fungsi MPR dan dibutuhkan adanya upaya revitalisasi.” Tutur Abdul Kholik Anggota MPR RI.

Widayati mengatakan kegiatan seminar MPR ini mendapatkan respon positif  dari seluruh elemen civitas akademika, hal ini terlihat dengan banyaknya peserta yang memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar masalah yang telah disampaikan oleh narasumber. “Seminar ini bagus bahkan perlu dilanjutkan lagi kedepannya karena banyak partisipasi dari mahasiswa aktif untuk menyampaikan aspirasi kepada pihak MPR. Harapannya kepada mahasiswa yang mengikuti seminar ini baik dari Fakultas Hukum Unissula ketika mereka menjadi penegak hukum birokrasi dan politikus memiliki pemikiran yang matang dimana saat mereka lulus nanti mereka sudah siap dan berpengalaman.” kata Widayati Wakil Dekan I Fakultas Hukum Unissula.

Acara seminar diskusi ini perdana diselenggarakan oleh MPR dalam awal periode jabatan 2019-2024 di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Kegiatan diskusi tersebut seperti forum kajian yang bertujuan sebagai sarana bertukar pikiran untuk menganalisis masalah menegenai Amandemen, Tap MPR, UUD dan lain-lain.

TIM SUPREMA juga mewawancari salah satu peserta seminar yaitu Cynthia Ajeng mahasisiwi Fakultas Hukum angkatan 2019. Ajeng mangatakan kegiatan ini menambah wawasan tentang sistem hukum ketatanegaraan. “Kegiatan ini bukan saja sekedar diskusi tetapi juga menyalurkan aspirasi serta menambah wawasan mengenai sistem hukum ketatanegaraan di Indonesia yang masih menjadi polemik dan kontroversi yang harus diatasi melalui forum diskusi seminar.” Kata Ajeng.

Abdul Kholik juga merupakan alumni Fakultas Hukum Unissula yang  menempuh Program Doktor (S-3) Ilmu Hukum Unissula, dimana dosen penguji salah satunya adalah Widayati yang sekarang menjabat sebagai Wakil Dekan I. Abdul juga mengatakan kedatangannya ke Unissula seperti ia “Kembali ke Rumahnya Sendiri”.

Antusias mahasiswa dan dosen sangat baik sekali dan kegiatan berakhir pada pukul 16.00 WIB yang diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat panitia pelaksana kepada narasumber.

Reporter : Alvi, Minda, & Afifa

Editor : Yol & Zuy

Ikuti Kami di Media Sosial: